Game Sepakbola terbaik PES2013 / FIFA13

Mengikuti akhir musim persepakbolaan Eropa, mulai bermunculan seri games sepakbola terbaru. Tahun 2013 ini contohnya. Persaingan diantara publisher games sepakbola ini semakin ketat. Tapi, tentu saja yang dapat dengan mudah terlihat adalah PES 2013 dan FIFA 13. PES atau Pro Evolution Soccer adalah games sepakbola yang biasa disebut World Soccer : Winning Eleven di Jepang dan Korea Selatan, dan mungkin oleh kita yang berada di Indonesia. Dilansir dari Wikipedia, ketika keluar pertama pada tahun 2001, game PES atau Winning Eleven ini terjual sebanyak 81,65 juta copy. Sedangkan, FIFA, game keluaran Electronic Arts yang namanya diambil dari Asosiasi Sepakbola Dunia, yaitu FIFA itu sendiri. Game ini menjadi game sepakbola pertama yang menerima Lisensi dari FIFA. Game ini lebih tua umurnya dari PES karena pertama kali dipublikasikan pada Natal tahun 1993 dan terjual sebanyak 100 juta copy, lebih banyak daripada PES. Hal ini mungkin karena FIFA adalah game yang lebih dulu keluar daripada PES.
Game FIFA dan PES sama-sama dikeluarkan musiman, atau setiap berakhirnya satu musim sepakbola dan akan dimulai yang baru. Mungkin dulu kita lebih mengenal PES dengan sebutan Winning Eleven. Kali ini yang akan kita bahas adalah keluaran terbaru, yaitu PES 2013 dan FIFA 13. Mari kita lihat dari berbagai sudut pandang manakah game yang lebih baik, sebagaimana dilansir dari EPLTalk.
Grafik
Meskipun gameplay FIFA lebih tajam dan bersih, tapi wajah para pemain di FIFA terlihat tidak jelas. Hal ini bisa anda buktikan dengan melihat wajah Messi di FIFA dengan di dunia nyata. Sedangkan PES, wajah para pemain dan perawakannya terlihat lebih jelas. Bahkan grafis PES di beberapa kesempatan terlihat lebih realistis. Dalam hal grafis, Pro Evolution Soccer 2013 bisa dibilang lebih unggul.
Mode Permainan
Konami merilis Pro Evolution Soccer dengan mode permainan ‘Football Life’. FL berisi dua mode yang dapat dimainkan, yaitu ‘Master League’ dan ‘Become A Legend’. Sayangnya kedua mode tersebut terlihat menjemukan dan kadang membosankan untuk dimainkan. Master League juga kadang menjerumuskan sang manajer kepada keadaan yang sebenarnya tidak akan terjadi di Liga ataupun di Klub. Misalnya saja di Real Madrid. Terkadang Cristiano Ronaldo akan meminta menjadi pemain dengan nomor punggung 10. Padahal, kan, ia lebih suka nomor punggung 7…
Sedangkan pada mode ‘Become A Legend’, anda diberikan kemudahan untuk mengembangkan kemampuan pemain. Kendati demikian, pelatih masih tidak memberikan feedback terkait dengan permainan anda. FIFA meningkatkan mode di dua kelemahan ini. Sebagai manajer anda memiliki kesempatan untuk melatih tim Internasional dan sebagai pemain anda memiliki kesempatan untuk bermain di salah satu dari klub ataupun Internasional. Dalam beberapa waktu penting, anda juga akan mendapatkan news atau berita yang berisi job opportunity atau kesempatan kerja, fixtures atau jadwal pertandingan, dan masih banyak lagi. Di setiap mode apapun yang anda mainkan, FIFA akan memberikan tujuan yang jelas kepada kita. Oleh karena itu, bisa dibilang dalam hal mode permainan, FIFA unggul jauh daripada PES.
Lisensi
FIFA memiliki hampir semua tim professional. Para fans MLS sekarang bisa memainkan tim kesayangan di liga mereka. Para fans klub asia seperti Kashiwa Reysol juga bisa memainkannya di FIFA. PES 2013 memang telah membatasi perizinan. Tapi, PES memiliki satu kelebihan apabila telah menginstal seluruh database dengan file yang diperlukan, maka bukanlah hal yang mustahil untuk memainkan semua tim yang ada di dunia secara nyata. PES juga telah memiliki lisensi secara penuh dari UEFA Champions League, UEFA Europa League, Copa Santander Libertadores, dan masih banyak lagi. Terlebih, dengan mode yang gratis, kita dapat bermain Euro 2012 dan Piala Dunia tanpa harus melakukan pembelian terpisah sebagaimana FIFA. Untuk itu, Pro Evolution Soccer 2013 bisa dibilang unggul dalam sisi Lisensi.
Teknis Permainan dan Kontrol
Dalam hal ini, sulit untuk dibandingkan karena keduanya telah meningkatkan performa di sisi ini. Namun, FIFA telah memberikan fiture First Touch Control. Electronic Arts juga memberikan FIFA teknis dalam pelanggaran yang realistis. Misalnya saja terjadinya handsball. Ingat! Di PES, tidak ada yang namanya handsball. Pertahanan di FIFA juga kelihatan lebih solid. Ketika bermain PES, kita biasanya kesulitan menempel pemain lawan ketika tendangan bebas. Di FIFA, kesulitan tersebut tidak terjadi. Sudah barang tentu, FIFA menjadi yang terbaik dalam hal ini.
Kedua game tersebut memberikan anda pilihan. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Jujur, kalau saya suka memainkan keduanya, tetapi lebih sering memainkan Pro Evolution Soccer . Bagaimana dengan anda sobat "BS" ?

0 komentar: